IMPLEMENTASI METODE AL-BAGHDADI PADA PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TARBIYATUL ISLAMIYAH ASY-SYAFI’IYYAH DESA KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

-

Authors

  • Yuliana Puspita Dewi Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ahmad Sahnan Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Abstract

Pendidikan adalah kunci utama untuk mengembangkan diri manusia. Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tapi juga membantu individu berkontribusi positif pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Al-Baghdadi Pada Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Asy-Syafi’iyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sasaran dalam penelitian ini meliputi: Kepala Madrasah, Guru Madrasah, dan Peserta Didik. Selain itu, situasi dan kondisi proses implementasi pembelajaran adalah sebagai objek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Al-Baghdadi Pada Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Asy-Syafi’iyyah mempunyai tiga tahapan yang mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan dapat dikatakan dilaksanakan dengan baik. Hal ini didukung dengan buku Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) sebagai acuan untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan sesuai dengan standar pendidikan yang ditetapkan. Kemudian pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga kegiatan utama: pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, ustadzah memulai dengan salam, doa, dan hafalan surah pendek untuk membiasakan santri dengan bacaan Al-Qur'an. Kegiatan inti berkaitan dengan pengajaran huruf hijaiyah beserta harakat dan hukum bacaannya. Sementara pada kegiatan penutup mencakup pengoreksian bacaan, pemberian motivasi, dan doa, serta menyimpulkan materi yang telah diajarkan. Selanjutnya tahap evaluasi di madrasah ini menggunakan pendekatan komprehensif melalui evaluasi harian dan evaluasi akhir untuk menilai kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya mampu membaca, tetapi juga memahami dan menerapkan hukum tajwid dengan baik. Pada akhirnya, beberapa tahapan yang telah dijalankan di madrasah ini mencerminkan komitmen madrasah terhadap kualitas pembelajaran.

References

Abd, Rahman, Asri Sabhayati Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (Juni).

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Cetakan Pertama. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan.

Asfahani, dan Ibnu Hajar. 2023. Efektifitas Metode Baghdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an siswa SMP. Jurnal Pendidikan Global 1, no. 1 (Maret): 15–26.

Azkia Naziha, Al Mujib. 2024. Metode Al-Baghdadi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Jurnal Multidisipliner 1, no. 01 (Juli).

Azizah, Rahmah, and Lahmuddin. 2024. “The Role of Majelis Ta’lim Rusydatul Azizah in Overcoming Quran Illiteracy in Early Childhood in Sibanggor Tonga Village, Mandailing Natal Regency.” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 8:118.

Dahniar. 2022. Sistem Pendidikan, Pendidikan Sebagai Sistem dan Komponen Serta Interpendensi Antar Komponen Pendidikan. Jurnal Literasiologi 7, no. 3 (Januari).

Fatah, Ahmad, and Muchammad Hidayatullah. 2021. “Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus.” JURNAL PENELITIAN 15(1):169. doi:10.21043/jp.v15i1.10749.

H, Husaini. 2021. Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Persepektif. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional 4, no. 1 (Maret).

Indal, Abror. 2022a. Metode Pembelajaran Al-Qur’an. Cetakan pertama. Yogyakarta, Suka Press.

———. 2022b. Metode Pembelajaran Al-Qur’an Kumpulan Metode-metode Mengenal Huruf Al-Qur’an. Yogyakarta, Suka Press.

Magdalena, Ina, Revita Septiani, Siti Nurul Ilmah, dan Dwi Nur Faridah. 2020. Analisis Kompetensi Guru Dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDN PENINGGILAN 05. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (Juli): 262–75.

Maharani, Dewi, Safitri Septiani, Amanda Sahla Febriani, and Yeasy Agustina Sari. 2021. “Baghdadi Method as Alternative System for Learning Qur’an at MT Nur Hikmah Mampang Depok City.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 5(1):58. doi:10.32332/tapis.v5i1.2645.

Marlia, Ani, Sandra Ayuning Tyas Pratiwi, Mia Prianti, M. Zulfikar Firdaus, Muhammad Syahdu, Tarina Ovi Islamiah, and Dita Marchela. 2021. “Sejarah dan Perkembangan Metode Pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia.” Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta 1(1).

Muhammedi. 2018. Metode Al-Baghdadiyah (Metode Pembelajaran Yang Efektif Dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam). Jurnal Pendidikan dan Keislaman I, no. 1 (Juni).Azizah, Rahmah, and Lahmuddin. 2024. “The Role of Majelis Ta’lim Rusydatul Azizah in Overcoming Quran Illiteracy in Early Childhood in Sibanggor Tonga Village, Mandailing Natal Regency.” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 8:118.

Nurhafilah, Laras, Rhadiatul Rahmi, Vini Aprilia Putri, and Latifah Hanum. 2022. Teacher’s Method in Learning the Qur’an. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education.

Rustam, Efendy Rasyid, Firman, L. Syahrir, and Nadirah. 2022. Perencanaan Pembelajaran. cetakan pertama. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota IKAPI Jawa Barat.

Rusydi Ananda. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Jl. Seser Komplek Citra Mulia Blok D. 14 Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Sipuan, Sirajuddin, Zulkarnain, dan Suradi A. 2023. Perencanaan, Implementasi, Dan Evaluasi Profesi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9, no. 1 (Januari): 373–84.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, ALFABETA CV.

Syahraini, Tambak. 2014. Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta, Graha Ilmu.

taufiqurrahman. 2005. Metode Jibril Metode PIQ-Singosari Bimbingan KHM. Bashori Alwi. dalam Skripsi Nuranisa 2023. Malang: IKAPIQ Malang.

Zahraturraihana, Intan Juwita, Vanesa Yofinda, dan Fella Hanna Neisha. 2025. Implementation Of the Iqra’ Method in Learning to Read The Al-Qur’an In Early Age Children. Nida Al-Qur’an: Jurnal Pengkajian Islam 5, no. 2 (Maret): 76–85. https://doi.org/10.62990/nida.v5i2.86.

Downloads

Published

25-06-27

How to Cite

Dewi, Y. P. ., & Sahnan, A. . (2025). IMPLEMENTASI METODE AL-BAGHDADI PADA PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TARBIYATUL ISLAMIYAH ASY-SYAFI’IYYAH DESA KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS: -. Al-Mabda: Journal of Education and Culture, 1(2), 10–20. Retrieved from https://jurnal.staialhikmahdua.ac.id/index.php/almabda/article/view/160