This is an outdated version published on 25-01-19. Read the most recent version.

PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIDEO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DASAR

Authors

  • Yudhi Hadiamsyah

Keywords:

Media Digital Video, Bahasa Arab, Anak Usia Dasar

Abstract

Penggunaan media digital, terutama video, dalam pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dasar menawarkan potensi besar dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih intraktif dan menyenangkan. Media audiovisual yang menggabungkan elemen visual dan audio membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasa, seperti menyimak dan berbicara, secara lebih efektif. Berbagai jenis video, termasuk tutorial, animasi, dan video interaktif, memungkinkan pembelajaran mandiri yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Platform seperti YouTube memberikan akses luas ke beragam materi pembelajaran. Namun, penggunaan media ini memerlukan pengawasan untuk menghindari gangguan atau konten yang tidak sesuai. Metode pembelajaran seperti Audio-Lingual, Total Physical Response (TPR), dan Mimicry-Memorization Method (Mim-Mem) terbukti efektif ketika dikombinasikan dengan media ajar video. Meski demikian, tantangan seperti ketergantungan teknologi dan kurangnya interaksi langsung masih menjadi kendala yang perlu diatasi agar pembelajaran Bahasa Arab dapat mencapai hasil optimal.

References

Alhasan, Faiz. “Pemanfaatan Mentimeter dalam Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL).” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 7, no. 2 (9 Desember 2023): 306–17. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3212.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, dan Ibrahim Arifin. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1 (29 Juli 2023): 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431.

Arintina, Inda, dan Rika Novi Yarti. “Menumbuhkembangkan Human Digital Skill Pendidik Di Abad Ke 2.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, 356–63.

Fauziah, Rizka, dan Muhamad Sofian Hadi. “Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02.” JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, no. 3 (2023): 2721–30. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26049.

Herlawati, Fata Nidaul Khasanah, dan Rafika Sari. “Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi.” Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) 1, no. 1 (8 Januari 2021): 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454.

Hermawan, Aldy, dan Laksmi Dewi. “Pemanfaatan Mentimeter dalam Pembelajaran Pelatihan Daring untuk Meningkatkan Interaksi Peserta.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8, no. 1 (20 Januari 2023): 111. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6049.

Heru Aliwardhana. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training.” ALFIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman 4, no. 1 (30 Juni 2021): 22–43. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109.

Hikmawati, Andi Asmawati Azis, dan Asika Hartini. “Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SPF SMPN 13 Makassar.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran 6, no. 2 (2024): 1078– 86. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1149.

Mirayani, Ni Nengah, I Nyoman Yasa, dan I Nyoman Sudiana. “Efektivitas Mentimeter sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Kelas X IBB 1 SMAN 1 Kintamani.” Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia 2, no. 2 (2022): 213–19.

Mohamed, Suhana, Noranita Abdamia, Thahira Bibi Tkm Thangal, dan Isma Ishak. “Mentimeter as a Reflective Teaching Tool: A Review.” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 11, no. 3 (16 September 2022): Pages 1196-1206. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v11-i3/14937.

Munawir, Ainur Rofikoh, dan Ismi Khairani. “Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal AlAzhar Indonesia Seri Humaniora 9, no. 1 (2024): 63–71.

Muslih, Hafid, dan Ema Roslaeni. “Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Linuhung: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2024): 1–15. https://doi.org/10.52496/linuhung.v1i1.69.

Nasution, Muhammad Fahmi, dan Nirwana Anas. “The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning.” Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus 8, no. 2 (14 Juli 2022): 293–301. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791.

Rowiya, Nikmatul, dan Daeng Ayub Natuna. “Kewibawaan Guru Profesional dalam Pembelajaran Era Digital.” Seminar Nasional Ilmu Terapan 6, no. 1 (2022): 1–11.

Saputra, Wendi, dan Muqowim Muqowim. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran SKI: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah di Kota Pekanbaru.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6, no. 4 (22 Juli 2024): 4048–56. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7143.

Sari, Rafika, Fata Nidaul Khasanah, dan Prima Dina Atika. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bentuk Presenter-View-Recorder dan Mentimeter.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 3 (2021): 265–76.

Sugrah, Nurfatimah. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains.” Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 19, no. 2 (24 Februari 2020): 121–38. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.

Sumiasyih, Okimustava, dan Sharfina. “Pemanfaatan Mentimeter pada Pelajaran IPA dengan Cooperatif Learning.” Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 4, no. 1 (2023): 19–27.

Downloads

Published

25-01-19

Versions

How to Cite

Yudhi Hadiamsyah. (2025). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIDEO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DASAR . Al-Mabda: Journal of Education and Culture, 1(1). Retrieved from https://jurnal.staialhikmahdua.ac.id/index.php/almabda/article/view/147